Ada sebagian masyarakat yang percaya kalau daging kelinci bisa membuat kejantanan pria lebih greng. Kepercayaan seperti itu ada benarnya dan bisa dibuktikan secara ilmiah. berdasarkan hasil penelitian, daging kelinci menandung asam lemak tak jenuh dan kadar proteinnya tinggi, sehingga baik untuk kesehatan.

Menurut Dr.Ir. Sri Martini MSi, pakar kelinci yang juga staf pengajar di Fakultas Peternakan Unpad Bandung, daging kelinci mengandung protein tinggi dan langsung dapat diserap tubuh sehingga menimbulkan energi. Mungkin dari energi yang timbul itulah mitos itu muncul di masyarakat.

Dilihat dari khasiatnya dalam membangkitkan kemampuan pria, daging kelinci tidak terlalu jauh berbeda dengan daging kambing. Namun, daging kambing kandungan proteinnya lebih rendah dibandingkan daging kelinci. Lemak daging kelinci pun lebih sedikit. Tingginya kadar protein dan asam lemak tak jenuh pada daging kelinci baik sekali untuk menjaga ketahanan jaringan tubuh, membentuk sel-sel, dan meningkatkan kecerdasan otak. daging kelinci sangat baik dikonsumsi anak-anak yang berada pada fase pertumbuhan, khususnya balita.

Daging kelinci berserat halus, rasanya lezat. Kandungan airnya sedikit lebih tinggi (67,6%) dibandingkan daging ayam. Kandungan lemaknya 75 gr/kg yang sebagian besar dalam bentuk lemak tak jenuh. Kandungan kolesterolnya 1,39 mg/kg. Kandungan Natriumnya hanya 399 mg/kg. 

Warna daging kelinci putih seperti daging ayam, hanya sedikit mengandung tulang dan lemak. Kalau daging ruminansia banyak mengandung kolesterol, sebaliknya daging kelici termasuk rendah kolesterol. Kolesterol adalah zat kimia yang tergolong dalam kelompok komponen organik yang dikenal sebagai lipid. Lipid meliputi lemak, kolesterol, sterol serta zat-zat yang menyerupai lemak yang tak larut dalam air dan larut dalam ether dan solvant organik lainnya.

Daging kelinci empuk dan mudah dicerna, terutama yang berasal dari kelinci muda. daging kelinci sangat baik dikonsumsi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, terlebih yang lemah perut. Daging kelinci segar tahan 4-6 bulan disimpan dalam freezer, sementara daging yang telah dimasak akan tahan selama dua bulan. Penyimpanan dalam kulkas sebaiknya jangn lebih dari 16 jam.

Sumber: Kelinci Potong dan Hias, oleh B. Sarwono 

date Senin, 07 September 2009

0 comments to “KARAKTERISTIK DAGING KELINCI”

Leave a Reply: