Angora Inggris kesayangan kawan

Bagi pemilik hewan peliharan (kelinci, kucing, anjing, marmut, hamster, dll) pasti tidak asing lagi dengan istilah grooming. Istilah tersebut sering dimaknai sebagai perawatan untuk menjaga kesehatan dan mempercantik hewan piaraan mereka. Khusus untuk kelinci, ini sering dilakukan pada kelinci rambut panjang. Dalam merawat kelinci rambut panjang tentu memerlukan perhatian ekstra. Rambutnya yang indah perlu disisir minimal seminggu sekali. Hal ini dikarenakan apabila tidak dirawat dengan benar maka rambut kelinci akan cepat gimbal.
Nha...cara merapikan dan merawat kelinci ada beberapa macam. Ada yang cukup dicukur dan ada yang memilih untuk memandikannya. Setahu saya, biasanya untuk cukur rambut dapat dilakukan setelah umur sapih (2 bulan). Untuk mendapatkan kualitas dan penampilan rambut yang bagus pencukuran dapat diulang hingga 3 kali sebelum masuk masa kawin (6 bulan). Lalu bagaimana dengan mandi? Ini juga bisa dilakukan, namun dengan hati-hati. hasilnya langsung dapat terlihat karena setelah mandi dapat dipastikan kelinci akan terlihat segar dan rapi. Beberapa pendapat yang saya tahu, khusus untuk mandi biasanya dilakukan untuk kelinci dewasa, khususnya menjelang lomba. Sebenarnya kelinci tidak terlalu suka dengan air, namun apabila dilatih dan dibiasakan kadang mereka dapat menikmatinya. Apalagi setelah keramas dan dirapikan.
Silahkan saja bagi para pemilik kelinci untuk menentukan perawatan yang terbaik untuk kelinci-kelincinya. Semua dilakukan untuk mendapatkan kualitas kesehatan yang prima.

Source:pets313.blogspot.com

date Jumat, 07 Mei 2010

1 comments to “Merawat Bulu Kelinci: Cukur, Mandi, atau Keduanya?”

  1. Anonim
    30 Januari 2012 pukul 08.09

    wahh terima kasih buat infonya =D

Leave a Reply: