Original Artikel by:Fairuzs (Mr. Murwanto)


Salam Duniasatwa! Karena lucu dan imutnya, kelinci sangat banyak digemari oleh orang2 yang baru saja mau memulai untuk memelihara hewan peliharaan dirumah. selain mudah didapati di seluruh daerah di indonesia, juga tidak terlalu membebani biayanya bagi para pemula.

Tapi sayang ada banyak hal yang sering luput dari perhatian dalam memilih kelinci. entah itu krn kurangnya inormasi, atau mungkin juga ulah nakal si penjual yang tidak memberi informasi dengan benar. Akhirnya tidak lama setelah sampai dirumah, kelinci yang baru saja dibeli menjadi cepat mati. dan kalau hal ini berlarut, maka akan menjadi momok baru, bahwa akan ada pemikiran orang2 malas memelihara kelinci.

Nah berikut, karena banyaknya permasalahan senada yg sering dialami, ada beberapa tips yang datang dari obrolan2 ringan dengan mas Onky dari CONEJO RABBIT—Jogjakarta, semoga bermanfaat:

A. Pastikan beli kelinci minimal banget umur 2–3 bulan. wajib tuh hukumnya.karena pedagang biasanya jual kelinci belum selesai sapih.biasa lah kejar setoran urusan perut.terutama di pasar tuh. jangan malu dan ragu tanya umurnya. penjual kelinci yg baik biasanya akan mencatat tanggal kelahiran mereka.

B.Kelinci umur 1 -3 bulan masih sangat rawan suddendeath, karena pencernaannya belum sempurna/belum begitu kuat.masih rentan pergantian menu pakan, kualitas pakan dan daya tahan tubuh belum sempurna. ditambah lagi sering dipegang2 di bagian perutnya.

C. Cuaca sangat-sangat dan very mempengaruhi kondisi kesehatan dan bulu serta pertumbuhan kelinci. tapi bukan berarti kita tidak bisa pelihara kelinci di cuaca panas. pinter-pinter kita aja menyiasati suhu kandang. untuk kelinci memang jauh lebih nyaman dalam suhu yang sejuk ketimbang panas. tapi menurut mas onky, di jogja yg lumayan panas aja, bisa sehat dan ok tuh kelincinya.

D.Jangan lupa sediakan air minum.kalo anda sering liat dipeternakan tidak di kasih minum itu Wrong! mereka butuh air juga, namanya juga mahluk hidup mana ada sih yang tidak butuh air. kura2 aja butuh minum lho. bagus juga untuk pencernaannya. jauh lebih bagus minumnya air matang agar terhindar dari bakteri yg masih terdapat, terutama jauhi air PAM yang masih banyak mengandung kaporit.

E.Wajib kandang bersih plus jangan sampai terlalu lembab.

F. kalo mau di ternakkan lebih aman beli kelinci umur 4 - 6 bulan.more stronger dan lebih ekonomis.

G. Jangan berikan sayuran atau makanan langsung dari Kulkas, JANGAN..! Danger banget tuh. Lambungnya bisa kaget trus kejang.

date Kamis, 23 Juli 2009

0 comments to “Tips memilih kelinci Yang Baik”

Leave a Reply: